Sumber Gizi Vegan


Padi

Padi atau Biji-Bijian

 5 porsi atau lebih per hari

Kelompok ini mencakup roti, beras, pasta, sereal panas atau dingin, dan jagung. Padi atau biji-bijian ini (misalkan beras merah) kaya akan serat, karbohidrat kompleks, protein, vitamin B, dan zinc.

 Takaran 1 porsi : 100 gr beras atau 1 ons sereal kering atau 1 iris roti

Sayur

Sayur-Sayuran

 4 porsi atau lebih per hari

Sayuran penuh dengan gizi. Sayuran menyediakan vitamin C, beta-karoten, riboflavin, zat besi, kalsium, serat, dan nutrisi lain. Sayuran berdaun hijau seperti brokoli dan kol adalah sumber gizi penting ini. Sayuran berwarna kuning seperti wortel, ubi jalar, dan labu menyediakan tambahan beta-karoten. Banyaklah mengkonsumsi beragam sayuran dalam pola makan Anda.

Takaran 1 porsi : 200 gr sayuran mentah atau 100 gr sayuran matang

Kacang-Kacangan

Kacang-Kacangan

 2 porsi atau lebih per hari.

Kacang-kacangan adalah sumber serat, protein, zat besi, kalsium, zinc, dan vitamin B.

Takaran 1 porsi : 100 gr kacang matang atau 4 ons tahu atau tempe atau 8 ons susu kedelai

Buah-Buahan

Buah-Buahan

3 porsi atau lebih per hari

Buah-buahan kaya akan serat, vitamin C, dan beta-karoten. Pastikan setiap hari Anda mengkonsumsi 1 porsi buah yang kaya vitamin C – buah sitrus, melon, dan strawberi adalah pilihan yang bagus. Makanlah buah-buahan utuh daripada jus buah karena jus buah tidak mengandung amat banyak serat.

 Takaran 1 porsi : 1 potong buah atau 100 gr buah olahan/masak atau 4 ons jus

Empat Kelompok Makanan Baru yang dikembangkan oleh PCRM ini tanpa kolesterol, rendah lemak, dan menyediakan semua kebutuhan rata-rata orang dewasa per harinya, termasuk serat yang amat penting.

Empat pembunuh utama rakyat Amerika – penyakit jantung, kanker, dan stroke – sedikit terdapat pada orang-orang yang mengkonsumsi pola makan berbasis tumbuhan secara total. Masalah berat badan, penyumbang utama beragam masalah kesehatan, dapat dikendalikan dengan mengikuti rekomendasi Empat Kelompok Makanan Baru ini.

Cobalah Empat Kelompok Makanan Baru ini dan temukan hidup yang lebih sehat dan bahagia!

Untuk informasi lebih lengkap, silakan kunjungi :

http://www.pcrm.org/search/?cid=137

Physicians Committee for Responsible Medicine (PCRM) adalah organisasi nirlaba yang berbasis di Washington, DC., AS dan beranggotakan lebih dari 6.000 dokter yang tertarik dalam peran nutrisi pada kesehatan. Hubungi PCRM pada alamat berikut : Physicians Committee for Responsible Medicine, 5100 Wisconsin Ave., N.W., Ste.400, Washington DC, 20016, Phone: 202-686-2210     Email: pcrm@pcrm.org