123rf.com

Mual atau muntah saat hamil – sangat umum terjadi selama trimester pertama kehamilan dan sebenarnya dapat terjadi setiap saat sepanjang hari.

Mual muntah atau morning sickness disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi pada tubuh Anda selama kehamilan. Untuk beberapa wanita, rasa mual akan berlangsung sepanjang kehamilan, tetapi untuk sebagian besar, menghilang pada bulan keempat. Bagi banyak wanita, perut kosong memicu mual, sehingga sering terjadi pertama kali di pagi hari.

Beberapa peneliti di Cornell University percaya bahwa mual pagi hari dapat menjadi cara untuk melindungi janin dari racun dan patogen. Penelitian mereka menemukan bahwa makanan yang paling sering menyebabkan mual adalah daging, ikan, dan telur, serta sayuran yang kuat dan pahit seperti brokoli dan minuman pahit seperti kopi.1

Memang benar bahwa daging, ikan, dan telur lebih cenderung mengandung zat patogen dari kebanyakan makanan lain. Dan racun banyak memiliki rasa pahit, sehingga keengganan di awal kehamilan terhadap makanan pahit kemungkinan berperan menjadi pelindung. Dalam masyarakat di mana daging dan produk hewani tidak dikonsumsi, mual dan muntah saat kehamilan hampir tidak pernah terjadi.1

Apa pun penyebabnya, mual dan muntah saat hamil harus diatasi. Banyak ibu baru yang khawatir bahwa mereka tidak cukup makan untuk menutrisi janin mereka selama masa penting ini. Oleh karena itu, penting untuk menemukan cara untuk meminimalkan gejala morning sickness dan makan makanan sehat yang tidak menyebabkan mual.

Beberapa ibu telah sukses dengan strategi berikut:

  • Hindari perut kosong. Sering memakan makanan kecil dan makanan ringan bergizi kerap membantu mencegah mual.
  • Jauhkan makanan di dekat tempat tidur. Cobalah makan sejumlah kecil makanan lunak sebelum bangun di pagi hari untuk menangkal mual pagi hari. Pilihan yang baik termasuk biskuit kering atau roti biasa.
  • Makan makanan sehat yang ditoleransi dengan baik. Selama trimester pertama, banyak ibu mengalami keengganan terhadap makanan tertentu. Perhatikan makanan yang membuat Anda merasa nyaman dan coba untuk menggunakannya untuk merencanakan makanan seimbang. Untuk bantuan tambahan, cari saran dari ahli gizi. Pada hari-hari ketika Anda merasa lebih baik, coba memperluas pilihan Anda untuk memasukkan makanan lain yang kaya gizi.
  • Hindari cairan dengan makanan. Jika Anda mengalami mual akibat minum cairan dengan makanan, coba pisahkan mereka dengan mengkonsumsi air atau minuman lainnya antara waktu makan.

References
1. Flaxman SM, Sherman PW. Morning sickness: a mechanism for protecting mother and embryo. Q Rev Biol. 2000;75:113–48.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan kunjungi link Physicians Committee for Responsible Medicine (PCRM) berikut ini :

http://www.nutritionmd.org/nutrition_tips/nutrition_tips_pregnancy_nutrition/morning_sickness.html

Physicians Committee for Responsible Medicine (PCRM) adalah organisasi nirlaba yang berbasis di Washington, DC., AS dan beranggotakan lebih dari 6.000 dokter yang tertarik dalam peran nutrisi pada kesehatan. Hubungi PCRM pada alamat berikut : Physicians Committee for Responsible Medicine, 5100 Wisconsin Ave., N.W., Ste.400, Washington DC, 20016, Phone: 202-686-2210     Email: pcrm@pcrm.org