123rf.com

Pola makan ibu yang sedang menyusui dapat memiliki efek mendalam pada bayinya. Aturan praktis yang baik untuk diingat adalah bahwa apapun yang Anda makan, bayi Anda memakannya juga. Nutrisi yang sehat dan zat racun sama-sama diteruskan dari ASI ke bayi.

Energi dan Kebutuhan Gizi saat Menyusui

Kebutuhan kalori dan protein terus tinggi selama menyusui, seperti saat kehamilan. Ibu menyusui memerlukan 300 sampai 400 kalori ekstra di atas tingkat kebutuhan sebelum kehamilan untuk 12 bulan pertama menyusui.

Untungnya, makan dengan baik dan memenuhi kebutuhan anak Anda yang baru lahir sebenarnya sangat mudah. Diet yang paling sehat didapat dari sumber-sumber: sayuran (segar atau beku), buah (segar atau beku), polong-polongan (buncis, kacang polong, atau lentil), biji-bijian utuh (misalkan beras merah) atau padi-padian, dan kacang-kacangan serta biji. Tidak perlu makan makanan kemasan yang berlemak, bergula, atau ikan, daging, telur, dan produk susu.

Pola makan vegan, yang diperkaya dengan vitamin B12, membantu menjaga Anda tetap langsing dan kebal terhadap penyakit sambil memberikan semua nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan yang optimal. Berlawanan dengan kepercayaan populer, vegan dan vegetarian memiliki banyak protein untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Merawat anak yang baru lahir adalah pengalaman yang menggairahkan, sekaligus melelahkan bagi kebanyakan orangtua. Sebagai orangtua, Anda telah mencapai prestasi luar biasa memberi kehidupan kepada manusia baru. Anda sekarang memiliki kesempatan untuk menawarkan cinta kepada bayi Anda dan perhatian serta karunia kesehatan yang baik.

Penelitian menunjukkan bahwa ibu vegan (yang tidak mengkonsumsi produk hewani apapun) memiliki tingkat zat pencemar lingkungan seperti pestisida dalam ASI mereka lebih rendah dibandingkan dengan ibu yang makan daging dan produk susu. Berikan diri Anda dan bayi Anda suatu anugerah yang bermanfaat panjang dengan memilih pola makan vegetarian yang bersih aman, sehat, dan lezat saat menyusui.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan kunjungi link Physicians Committee for Responsible Medicine (PCRM) berikut ini :

http://www.nutritionmd.org/nutrition_tips/nutrition_tips_pregnancy_nutrition/lactation.html

Physicians Committee for Responsible Medicine (PCRM) adalah organisasi nirlaba yang berbasis di Washington, DC., AS dan beranggotakan lebih dari 6.000 dokter yang tertarik dalam peran nutrisi pada kesehatan. Hubungi PCRM pada alamat berikut : Physicians Committee for Responsible Medicine, 5100 Wisconsin Ave., N.W., Ste.400, Washington DC, 20016, Phone: 202-686-2210     Email: pcrm@pcrm.org