123rf.com

Osteoporosis adalah penyakit di mana tulang menjadi tipis dan rapuh. Akibatnya, patah tulang dan jatuh umum terjadi, dan dapat mengancam nyawa. Secara khusus, osteoporosis dapat menyebabkan patah tulang pinggul. Komplikasi patah tulang ini bersifat fatal pada hampir 25 persen kasus.

Sementara sebagian besar kasus osteoporosis terjadi karena tidak adanya penyakit yang mendasari, sekitar 5 persen kasus terkait dengan gangguan kesehatan yang beragam. Ini termasuk penyakit pada kelenjar tiroid atau paratiroid, diabetes mellitus, penyakit ginjal kronis, penyakit hati, malabsorpsi usus, penyakit pankreas, kanker, dan obat-obatan tertentu, seperti kortikosteroid, antasid yang mengandung aluminium, dan heparin.

Faktor Risiko Osteoporosis

Secara umum, orang kulit putih non-Hispanik beresiko lebih besar daripada orang-orang dari Amerika Latin atau keturunan Afrika. Afrika-Amerika memiliki kepadatan tulang yang lebih besar dan rendahnya risiko patah tulang, dibandingkan dengan orang kulit putih Amerika.

Banyak faktor resiko yang berhubungan dengan osteoporosis. Berikut ini adalah yang paling umum:

  • Usia: Pada wanita menopause, risiko patah tulang naik dengan pertambahan usia. Baik pria maupun wanita berusia 70 dan lebih tua memiliki peningkatan risiko fraktur.
  • Jenis kelamin perempuan: Osteoporosis enam kali lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pada pria. Selain itu, osteoporosis dimulai lebih awal dan cenderung lebih parah pada wanita.
  • Berat badan: Orang dengan massa tubuh rendah memiliki kepadatan mineral tulang yang lebih rendah. Obesitas mengurangi risiko osteoporosis.
  • Gaya hidup tidak aktif, banyak duduk.
  • Faktor genetik
  • Fraktur sebelumnya
  • Merokok
  • Obat-obatan dan suplemen: vitamin A, heparin, antasida yang mengandung aluminium, dan medroksiprogesteron meningkatkan risiko, sedangkan diuretik thiazide, estrogen, dan androgen bersifat melindungi.
  • Konsumsi alkohol tinggi
  • Awal terjadinya menopause
  • Kalsium atau kekurangan vitamin D
  • Faktor pola makan

Diagnosa

  • Evaluasi ini akan dimulai dengan riwayat medis dan pemeriksaan fisik.
  • Pengujian kepadatan tulang (DEXA scan) menetapkan diagnosis osteoporosis.
  • X-ray umumnya akan mengidentifikasi patah tulang. Dalam beberapa kasus, CT scan atau bone scan mungkin diperlukan.
  • Biopsi tulang jarang dilakukan.
  • Tes darah mungkin diperlukan jika ada kecurigaan dari penyakit yang mendasarinya.

Pengobatan

Modifikasi gaya hidup merupakan komponen penting dari terapi. Pola makan sehat dan kebiasaan olahraga membantu menjaga integritas tulang dan mengurangi keropos tulang di kemudian hari.

Olah raga secara teratur (setidaknya tiga kali seminggu) meningkatkan kepadatan mineral tulang tulang belakang.

Berhenti merokok telah dikaitkan dengan penurunan risiko patah tulang pinggul. Merokok meningkatkan risiko patah tulang pinggul lebih dari 30 persen pada wanita dan 40 persen pada pria, dan meningkatkan risiko patah tulang belakang.

Obat-obatan dapat digunakan untuk mengurangi kehilangan tulang, meningkatkan kepadatan tulang, dan mengurangi risiko patah tulang.

Obat yang digunakan untuk mengurangi kehilangan tulang termasuk bifosfonat (misalnya, alendronate, pamidronat, risedronate, dan ibandronate), raloxifene, kalsitonin, dan estrogen. Obat-obat ini harus diambil dengan jumlah yang cukup kalsium dan vitamin D.

Penggunaan estrogen memperlambat perkembangan osteoporosis. Namun, manfaat dari estrogen harus dipertimbangkan terhadap banyak efek samping dari terapi estrogen, khususnya peningkatan risiko kanker payudara, penyumbatan darah, dan penyakit jantung.

Obat lain yang dapat digunakan termasuk testosteron, diuretik thiazide (misalnya, hidroklorotiazida), dan teriparatide.

Pola Makan untuk Penderita Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi umum di daerah di mana ada pola makan Barat. Umumnya dulu pernah dipercaya bahwa osteoporosis dapat dicegah dengan asupan suplemen atau produk susu tinggi kalsium, namun, studi klinis telah menunjukkan bahwa ini tidak benar. Health Study Nurses, yang mengikuti lebih dari 72.000 wanita selama 18 tahun, tidak menemukan efek baik produk susu atau diet tinggi kalsium terhadap risiko patah tulang pinggul.

  • shutterstock.com

    Mengurangi asupan protein hewani: Protein hewani meningkatkan kehilangan kalsium. Studi lintas budaya telah menemukan hubungan yang kuat antara asupan protein hewani dan risiko patah tulang pinggul. Tingginya asupan daging (lima atau lebih porsi per minggu) secara signifikan meningkatkan risiko retak tulang lengan bawah pada perempuan, dibandingkan dengan makan daging kurang dari sekali per minggu. Wanita lansia yang mengkonsumsi sejumlah besar daging kehilangan tulang lebih cepat dan risiko lebih besar terkena retak tulang pinggul. Risiko masalah tulang tampaknya berkurang ketika protein hewani diganti dengan protein dari sumber nabati, terutama kedelai. Dalam studi klinis dengan wanita menopause, makanan kedelai telah ditemukan mencegah keropos tulang. Penelitian telah menunjukkan hubungan positif antara protein kedelai dan kepadatan mineral tulang pada wanita menopause. Hal ini mungkin karena konsentrasi senyawa yang relatif tinggi yang disebut isoflavon dalam protein nabati.

  • Peningkatan konsumsi buah dan sayuran: Penelitian telah menunjukkan bahwa diet kaya buah-buahan dan sayur-sayuran berkaitan dengan kepadatan mineral tulang lebih tinggi pada pria dan wanita. Asosiasi ini mungkin karena kalium, magnesium, dan vitamin K dalam buah-buahan dan sayuran.
  • Mengurangi asupan natrium: Beberapa studi telah menemukan bahwa asupan tinggi natrium menyebabkan hilangnya kalsium dari tubuh. Namun, efek dari pembatasan natrium terhadap integritas tulang jangka panjang dan risiko patah tulang masih belum jelas dan memerlukan penelitian lebih lanjut.
  • Pola makan rendah lemak: Studi telah menemukan bahwa asupan lemak yang lebih tinggi dikaitkan dengan kehilangan tulang yang lebih besar dan risiko patah tulang lebih besar. Mekanisme yang mungkin meliputi kecenderungan asupan lemak yang berlebihan mengurangi penyerapan kalsium dan mempengaruhi produksi hormon. Secara khusus, asam lemak omega-6 dapat menyebabkan hilangnya tulang dengan mengorbankan pembentukan tulang baru.
  • Moderasi dalam penggunaan kafein: Penelitian telah menemukan bahwa perempuan yang mengkonsumsi paling banyak kafein telah mempercepat kehilangan tulang belakang dan hampir tiga kali lipat risiko terkena patah tulang pinggul. Resiko kehilangan tulang tampak tertinggi pada wanita yang mengkonsumsi lebih dari 18 ons kopi per hari, atau 300 mg kafein dari sumber lain.
  • Membatasi suplemen vitamin A: Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan vitamin A yang terlalu tinggi, baik dengan makanan atau suplemen, dapat menyebabkan penurunan kepadatan tulang dan peningkatan risiko fraktur pinggul. Asupan sehat dan cukup vitamin A dapat dipastikan dengan beta-karoten dari sumber tanaman, sayuran terutama oranye dan kuning.
  • Kombinasi suplemen vitamin D dan kalsium: Pada pasien dengan obat-yang menyebabkan osteoporosis, kombinasi dari kedua nutrisi tampaknya bermanfaat signifikan dalam mengurangi kehilangan tulang lebih lanjut. Suplemen vitamin D (500 sampai 800 IU/hari) dan kalsium (1200-1300 mg/hari) juga telah ditemukan meningkatkan kepadatan tulang dan penurunan kehilangan tulang dan risiko patah tulang pada wanita dewasa yang lebih tua. Pasien wanita dengan diagnosa osteoporosis harus mendapatkan asupan kalsium total dari pola makan dan suplemen sekitar 1500 mg/hari dalam dosis terbagi tiga atau lebih, ditambah sedikitnya 400 sampai 800 IU vitamin D setiap hari. Namun, pasien yang tidak berisiko tinggi untuk osteoporosis mungkin tidak memerlukan suplemen kalsium. Hal ini terutama berlaku untuk pria, yang mungkin memiliki peningkatan risiko terkena kanker prostat jika mereka mengkonsumsi terlalu banyak kalsium atau susu.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan kunjungi link Physicians Committee for Responsible Medicine (PCRM) berikut ini :

http://www.nutritionmd.org/consumers/bone_joint_diseases/osteoporosis.html

Physicians Committee for Responsible Medicine (PCRM) adalah organisasi nirlaba yang berbasis di Washington, DC., AS dan beranggotakan lebih dari 6.000 dokter yang tertarik dalam peran nutrisi pada kesehatan. Hubungi PCRM pada alamat berikut : Physicians Committee for Responsible Medicine, 5100 Wisconsin Ave., N.W., Ste.400, Washington DC, 20016, Phone: 202-686-2210     Email: pcrm@pcrm.org