123rf.com

Kolesterol tinggi, atau hiperlipidemia, mengacu pada peningkatan kadar kolesterol dalam darah, yang cenderung meningkatkan risiko aterosklerosis, penyakit jantung, stroke, dan masalah serius lainnya.

Jenis-jenis lipid termasuk low density lipoprotein (juga disebut LDL atau kolesterol jahat), high density lipoproteins (HDL atau kolesterol baik), dan trigliserida (lemak dalam aliran darah). Tingginya konsentrasi kolesterol total dan kolesterol LDL, rendahnya tingkat kolesterol HDL, dan/atau tingginya kadar trigliserida meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Kolesterol tinggi berasal dari produksi kolesterol yang berlebihan di dalam hati, asupan lemak dan kolesterol yang berlebihan dari pola makan, dan/atau menurunnya pembuangan kolesterol dari tubuh. Secara khusus, asupan lemak jenuh, yang ditemukan dalam produk hewani, seperti daging, sebagian besar produk susu (susu, krim, keju, atau mentega), dan minyak tropis (sawit, inti sawit, dan kelapa), dikenal meningkatkan kadar kolesterol .

Kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala. Biasanya ia terdeteksi selama tes darah rutin. Kadang-kadang, timbunan lemak di bawah kulit (xanthelasma dan xanthoma) dapat terjadi.

Faktor Risiko

Meskipun kolesterol tinggi sering ditemukan pada semua kelompok demografis yang mengikuti pola makan Barat, ia terjadi agak lebih umum pada pria. Faktor risiko tambahan meliputi:

  • Riwayat keluarga
  • Pola makan tinggi dalam total lemak, lemak jenuh, dan kolesterol
  • Diabetes melitus
  • Penyakit ginjal kronis: Penyakit ginjal berhubungan dengan hipertrigliseridemia.
  • Hipotiroidisme
  • Obesitas: Kelebihan berat badan dihubungkan dengan peningkatan kolesterol total, LDL, dan trigliserida, serta dengan menurunnya tingkat HDL.
  • Fisik tidak aktif
  • Alkoholisme
  • Penggunaan steroid
  • Pil kontrasepsi oral
  • Merokok: Merokok menurunkan tingkat HDL dan merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung.

Diagnosa

Program Pendidikan Kolesterol Nasional (NCEP) merekomendasikan penilaian kolesterol darah rutin setiap lima tahun dimulai pada usia 20 tahun. Skrining lebih sering harus dilakukan untuk orang yang memiliki kolesterol total yang tinggi, HDL rendah, atau faktor risiko lain untuk penyakit jantung.

Individu harus berpuasa paling sedikit 12 jam sebelum pengambilan sampel darah.

Kolesterol total: Menurut pedoman NCEP, diharapkan kolesterol total adalah di bawah 200 miligram (mg) per desiliter (dL). Batas tingkat tinggi adalah 200-239 mg/dL. Kolesterol tinggi didefinisikan sebagai lebih besar dari 240 mg/dL.

Namun, beberapa bukti menunjukkan bahwa standar yang lebih ketat mungkin lebih sesuai. Risiko kasus jantung menurun seiring menurunnya jumlah kadar kolesterol, sehingga banyak pihak berwenang menyarankan sasaran kolesterol total harus sekitar 150 mg/dL.

Trigliserida: tingkat trigliserida normal adalah kurang dari 150 mg/dL. Ambang batas trigliserida adalah 150 – 199 mg/dL, dan batas tinggi adalah 200 – 499 mg/dL. Tingkat 500 mg/dL atau lebih tinggi dianggap sangat tinggi.

Kolesterol HDL: Konsentrasi 60 mg/dL atau lebih tinggi adalah ideal. Secara umum, konsentrasi HDL di bawah 40 mg/dL dianggap sebagai faktor risiko utama terkena penyakit jantung koroner. Beberapa ahli menyarankan, bagaimanapun, bahwa konsentrasi HDL harus dibandingkan dengan kolesterol total. Dengan cara ini, nilai HDL harus setidaknya sepertiga dari kolesterol total.

Kolesterol LDL: Menurut NCEP, kadar kolesterol LDL di bawah 100mg/dl dianggap ideal. Kadar LDL 100-129 mg/dL mendekati optimal. Kadar ambang batas adalah 130-159 mg/dL. Kadar tinggi LDL adalah 160-189 mg/dL. Namun, semakin banyak bukti yang mendukung standar yang lebih ketat. Banyak peneliti dan dokter percaya bahwa 100 mg/dL harus menjadi batas atas untuk semua orang, dan beberapa merekomendasikan pengurangan di bawah 70 mg /dL untuk individu yang berisiko tinggi.

Studi terhadap populasi primitif dan bayi baru lahir normal telah mengubah konsep kadar kolesterol normal. Konsentrasi kolesterol LDL pada manusia normal dapat serendah 50 sampai 70 mg/dL. Risiko penyakit jantung koroner menurun seiring dengan penurunan konsentrasi kolesterol LDL, dan dapat mencapai level terendah sekitar 40 mg/dL.

Pengobatan

Terapi utama untuk hiperlipidemia adalah diet dan modifikasi gaya hidup, diikuti dengan terapi obat, sesuai kebutuhan.

  • Olahraga teratur dapat meningkatkan tingkat HDL dan trigliserida, tetapi memiliki sedikit efek pada LDL. Aktivitas fisik sedang hingga rendah, seperti berjalan kaki, menurunkan kadar trigliserida rata-rata 10 mg/dL, sementara meningkatkan HDL rata-rata sebesar 5 mg/dL. Aktivitas lebih berat mungkin memiliki efek lebih besar.
  • HMG-CoA reduktase inhibitor (statin) menurunkan produksi kolesterol di hati, dan merupakan obat lini pertama dalam pengobatan kolesterol LDL tinggi. Statin juga memiliki efek penting pada risiko kardiovaskular, dan mungkin bahkan direkomendasikan untuk individu yang berisiko tinggi dengan kadar kolesterol normal. Namun, potensi efek samping termasuk nyeri otot dan gangguan hati. Selain itu, beberapa statin juga dapat menurunkan HDL.
  • Sequestrant asam empedu (misalnya, cholestyramine dan colestipol) adalah lini kedua agen untuk pengobatan kolesterol LDL tinggi. Mereka mengurangi penyerapan kolesterol dari usus. Obat-obat ini dapat menghasilkan ketidaknyamanan pencernaan, sembelit, dan gangguan penyerapan obat lain.
  • Fibrate (misalnya, gemfibrozil dan fenofibrate) digunakan sebagai pengobatan lini pertama untuk peningkatan kadar trigliserida dan dapat digunakan dalam kombinasi dengan obat-obatan di atas. Potensi efek samping termasuk batu empedu, gangguan pencernaan, dan gangguan otot.
  • Asam nikotinat (niacin) adalah terapi lini kedua untuk semua gangguan lipid. Niacin sering dikombinasikan dengan statin, tetapi juga efektif sebagai agen tunggal. Efek samping termasuk gatal-gatal kulit atau terbakar, ketidaknyamanan pencernaan, kerusakan hati, gula darah tinggi, dan asam urat.
  • Ezetimibe dan colesevelam juga mengurangi penyerapan kolesterol dari usus, dan telah muncul sebagai terapi lini kedua yang disukai karena efektivitas, keamanan, dan kurangnya efek samping. Obat ini menurunkan LDL dan sering meningkatkan HDL, dan sangat efektif bila dikombinasikan dengan statin.

Pola Makan untuk Kolesterol Tinggi

shutterstock.com

Mengurangi asupan lemak jenuh dan kolesterol menurunkan kolesterol. Kolesterol hadir hanya dalam makanan yang berasal dari hewan, dan produk-produk ini seringkali merupakan sumber utama dari lemak jenuh dalam pola makan seseorang. Dengan demikian, diet yang mengurangi atau menghilangkan produk-produk ini menurunkan kolesterol total dan LDL serta trigliserida. Selanjutnya, menambahkan makanan yang mengurangi produksi kolesterol dalam tubuh atau yang menyebabkan kolesterol dibuang dari tubuh juga mengurangi kadar kolesterol.

Intervensi kunci dalam pola makan untuk menurunkan kolesterol adalah sebagai berikut:

Mengurangi lemak jenuh dan kolesterol: Mengikuti diet rendah lemak jenuh dan total lemak serta mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh akan menurunkan kadar kolesterol. NCEP merekomendasikan pola makan dengan kalori kurang dari 7 persen yang berasal dari lemak jenuh dan kolesterol kurang dari 200 miligram/hari. Namun, pola makan seperti itu biasanya menurunkan LDL hanya sekitar 5 persen, yang mungkin tidak cukup untuk mencapai sasaran kolesterol darah.

Perubahan diet yang lebih substansial tampak menghasilkan hasil yang lebih baik. Pola makan vegetarian (khususnya vegan) yang bebas kolesterol dan sangat rendah lemak jenuh mengurangi kolesterol LDL sebesar 17 sampai 40 persen, dengan efek terkuat terlihat ketika diet ini dikombinasikan dengan olahraga. Mengurangi lemak total, lemak jenuh, dan asupan kolesterol juga menurunkan kadar trigliserida sekitar 20 persen.

Meskipun beberapa pihak berwenang merekomendasikan mengganti lemak jenuh dan/atau asam lemak trans dengan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, penting untuk diingat bahwa semua minyak adalah campuran yang mengandung berbagai jumlah lemak jenuh. Sebagai contoh, minyak zaitun mengandung sekitar 13 persen lemak jenuh, dan minyak ikan mengandung 15 hingga 30 persen lemak jenuh.

Untuk penurun lipid maksimal, semua lemak dan minyak harus sangat dibatasi. Asupan lemak yang lebih besar menyebabkan berat badan, dan banyak pasien dengan hiperlipidemia perlu menurunkan berat badan yang berlebihan untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Diet sangat rendah lemak merupakan komponen penting dari intervensi yang dapat membalikkan lesi aterosklerotik. Sedikit mengkonsumsi lemak dalam bentuk yang alami (misalnya, kacang-kacangan) tampak lebih baik untuk menggunakan minyak karena nutrisi mereka berpotensi kardioprotektif: magnesium, serat, vitamin E, dan flavonoid.

123rf.com

Meningkatkan serat larut: Serat larut menurunkan serum kolesterol, mengurangi penyerapan kolesterol dari usus. Serat juga menurunkan kadar insulin setelah-makan dan menghasilkan rantai pendek asam lemak; kedua efek ini menurunkan produksi kolesterol. Pada asupan 8 gram per hari, serat telah terbukti menurunkan jumlah kolesterol. Sumber umum meliputi gandum, barley, kacang, dan buah-buahan, dan sayuran.

Menggunakan makanan dengan efek spesifik penurun kolesterol: Makan berbagai jenis makanan dengan efek penurun kolesterol lebih baik dibandingkan dengan terapi obat untuk menurunkan kolesterol. Pola makan yang menggabungkan serat larut, protein kedelai, sterol nabati, dan kacang telah terbukti menurunkan LDL sekitar 30 persen dalam jangka pendek uji klinis, sebuah efek yang mirip dengan statin. Meskipun masing-masing makanan sendiri memberikan kontribusi menurunkan lipid, pengaruh tersebut meningkat ketika makanan yang digabungkan.

  • Produk sterol tanaman: Tanaman sterol (sering dalam bentuk margarin) mengurangi kolesterol LDL sekitar 10 persen dengan menghambat penyerapan kolesterol.
  • Produk kedelai: Protein kedelai mengurangi kolesterol yang diproduksi oleh hati. Dalam uji klinis, protein kedelai menurunkan kadar kolesterol total sebesar 9 persen, LDL sebesar 13 persen, dan trigliserida sebesar 10 persen.
  • Kacang-kacangan: Almond, kacang tanah, kemiri, kenari dan tampaknya memiliki efek penurun kolesterol, tampaknya karena serat mereka, sterol tanaman, dan kandungan lemak tak jenuh. Kenari, misalnya, menurunkan kolesterol total sebesar 12 persen dan kolesterol LDL sebesar 16 persen.

Menghindari alkohol: Menghindari alkohol dapat membantu mengurangi trigliserida. Alkohol bisa meningkatkan trigliserida sebesar 5 sampai 10 mg/dL.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan kunjungi link Physicians Committee for Responsible Medicine (PCRM) berikut ini :

http://www.nutritionmd.org/consumers/cardiovascular/hyperlipidemia.html

Physicians Committee for Responsible Medicine (PCRM) adalah organisasi nirlaba yang berbasis di Washington, DC., AS dan beranggotakan lebih dari 6.000 dokter yang tertarik dalam peran nutrisi pada kesehatan. Hubungi PCRM pada alamat berikut : Physicians Committee for Responsible Medicine, 5100 Wisconsin Ave., N.W., Ste.400, Washington DC, 20016, Phone: 202-686-2210     Email: pcrm@pcrm.org