123rf.com

Insomnia adalah istilah yang menggambarkan kesulitan tidur, kesulitan untuk tetap tertidur sepanjang malam, atau tidak merasa beristirahat setelah tidur. Ini adalah gangguan tidur yang paling umum, mempengaruhi sekitar sepertiga orang dewasa di beberapa titik dalam hidup mereka.

Insomnia dapat berlangsung sementara (berlangsung kurang dari satu minggu), jangka pendek (satu sampai tiga minggu), dan kronis (lebih dari tiga minggu).

Insomnia yang hanya berlangsung beberapa hari sampai beberapa minggu mungkin merupakan hasil dari lingkungan tidur yang buruk, seperti kebisingan yang berlebihan atau cahaya dan suhu ruangan yang tidak menyenangkan, atau perubahan gaya hidup yang terjadi baru-baru saja, seperti jet lag, perubahan shift kerja, sakit, dan kehidupan yang penuh stres. Selain itu, obat dengan sifat stimulan, seperti obat asma, antidepresan, kafein-yang mengandung penghilang rasa sakit, atau methylphenidate (Ritalin) dapat menyebabkan gangguan tidur.

Insomnia yang berlangsung lebih dari beberapa minggu dapat dikaitkan dengan apnea tidur, sindrom kaki gelisah, atau gangguan tidur lainnya. Selain itu, obat kronis, alkohol, atau penggunaan kafein, kurang olahraga, dan berbagai gangguan medis atau psikiatrik dapat menyebabkan insomnia.

Selain sulit tidur, gejala insomnia dapat mencakup kantuk pada siang hari, kelelahan, ketidakmampuan untuk berkonsentrasi, mudah marah, kecemasan, depresi, pelupa, dan sakit, dan nyeri. Individu dengan insomnia juga memiliki peningkatan risiko kecelakaan mobil.

Faktor Risiko Insomnia

Insomnia lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria, dan sangat umum mengenai orang yang sudah bercerai, janda, atau berpisah. Faktor risiko tambahan meliputi:

  • Umur: Insomnia meningkat dengan usia.
  • Gangguan psikiatrik: Gangguan tidur umum pada pasien dengan depresi, gangguan bipolar, gangguan kecemasan, skizofrenia, dan stres akut.
  • Obat-obatan dan alkohol: Penggunaan zat ini dapat berkaitan dengan gangguan tidur.
  • Stimulan: Penggunaan obat-obatan dan zat lain yang memiliki sifat stimulan merupakan penyebab umum insomnia. Ini termasuk kafein, obat asma (misalnya, teofilin), obat selesma, steroid, dan hormon tiroid.
  • Gejala putus obat dari nikotin bisa menyebabkan insomnia, terapi pengganti dapat menggunakan nicotine patches dan bupropion (Wellbutrin), satu antidepresan yang sering digunakan untuk berhenti merokok.

Diagnosa

  • Riwayat medis dan pemeriksaan fisik, termasuk riwayat rinci tidur, merupakan bagian penting dari evaluasi. Pemeriksaan harus menilai kebiasaan tidur, lingkungan tidur, obat dan alkohol, riwayat kesehatan dan pengobatan, dan sejarah medis keluarga. Sering berguna bagi dokter untuk mewawancarai pasangan tempat tidur pasien dan meminta pasien untuk menyimpan catatan tidur.
  • Pengujian laboratorium dapat mengidentifikasi gangguan medis (seperti penyakit tiroid) yang dapat berkontribusi terhadap kesulitan tidur.
  • Tes tidur seringkali bermanfaat. Tes tidur yang paling umum adalah polysomnography, yang digunakan untuk mengevaluasi apnea tidur.

Pengobatan

  • Gangguan medis, pembedahan, atau gangguan jiwa yang mendasari harus ditangani dengan tepat.
  • Kesehatan tidur yang tepat adalah penting. Individu harus berolahraga secara teratur (tapi tidak sebelum tidur), menghindari kafein, dan membatasi alkohol, terutama menjelang waktu tidur.
  • Olah raga telah terbukti meningkatkan kualitas tidur, tapi pilihan waktu penting. Aktivitas fisik di pagi hari umumnya tidak terkait dengan peningkatan kualitas tidur, dan olahraga aerobik diambil sesaat sebelum tidur dapat membuat lebih sulit untuk tertidur.
  • Praktik bermanfaat lainnya termasuk tidur hanya sebanyak yang diperlukan agar terasa istirahat, menjaga jadwal tidur yang teratur, menghindari merokok, dan menyesuaikan lingkungan kamar tidur sesuai kebutuhan.
  • Mandi hangat di malam hari dapat mengurangi insomnia pada beberapa kasus.
  • Terapi psikiatrik dapat berguna pada pasien yang tidak berhasil dengan saran di atas.
  • Beberapa obat telah digunakan, termasuk antidepresan, benzodiazepin, dan diphenhydramine (Benadryl). Dalam kebanyakan kasus, bagaimanapun, obat ini tidak meningkatkan kualitas tidur.
  • Ramelteon baru ini telah disetujui oleh Food and Drug Administration untuk pengobatan insomnia.
  • Penggunaan tambahan melatonin dan valerian juga mungkin efektif untuk gangguan tidur.

Pola Makan untuk Insomnia

Langkah-langkah berikut dapat membantu tidur:

  • Menghindari alkohol: Alkohol dapat menyebabkan insomnia dengan mengurangi tidur nyenyak, mengurangi tingkat melatonin, atau meningkatkan zat kimia stimulan di otak. Alkohol dimetabolisme dalam hati menjadi aldehida, yang memiliki sifat stimulan.
  • Membatasi kafein: Kafein menghasilkan efek yang berbeda pada orang yang berbeda. Beberapa orang bisa minum banyak cangkir kopi per hari tanpa efek pada tidur, sementara yang lain jauh lebih sensitif terhadap efek kafein. Hal ini terutama berlaku untuk orang lanjut usia. Kafein hadir dalam banyak sumber selain kopi. Ini termasuk minuman cola, teh, coklat, dan obat bebas.
  • Menghindari susu: Bayi dengan alergi susu sapi telah ditemukan sering terbangun saat tidur dan memiliki siklus tidur yang lebih singkat. Dalam sebuah penelitian, setelah peserta menghilangkan konsumsi susu sapi selama beberapa minggu, terjadi penurunan yang signifikan dalam jumlah terbangun saat tidur, sedangkan waktu tidur total meningkat secara signifikan.
  • Menghindari produk penurun berat badan yang dijual bebas: Produk yang mengandung ephedra alkaloid (misalnya, Ma Huang atau efedrin) dalam kombinasi dengan kafein telah semakin digunakan untuk menurunkan berat badan, tetapi mereka telah ditemukan menyebabkan insomnia.
  • Suplemen zat besi: Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, bukti yang ada menunjukkan bahwa kadar zat besi yang rendah di otak berhubungan dengan insomnia. Suplemen zat besi ditemukan efektif memperbaiki insomnia pada remaja dengan kadar zat besi yang rendah.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan kunjungi link Physicians Committee for Responsible Medicine (PCRM) berikut ini :

http://www.nutritionmd.org/consumers/psychiatric/insomnia.html

Physicians Committee for Responsible Medicine (PCRM) adalah organisasi nirlaba yang berbasis di Washington, DC., AS dan beranggotakan lebih dari 6.000 dokter yang tertarik dalam peran nutrisi pada kesehatan. Hubungi PCRM pada alamat berikut : Physicians Committee for Responsible Medicine, 5100 Wisconsin Ave., N.W., Ste.400, Washington DC, 20016, Phone: 202-686-2210     Email: pcrm@pcrm.org