Oleh Neal D. Barnard, M.D

123rf.com

123rf.com

Hilang ingatan umum terjadi pada usia berapa pun. Anda tidak dapat menemukan kunci Anda, Anda lupa nama seseorang, atau Anda masuk ke kamar hanya untuk menyadari bahwa Anda tidak dapat mengingat mengapa Anda berada di sana. Bagi banyak orang, masalahnya adalah hanya kurang tidur atau stres sementara. Tapi kadang-kadang hilangnya ingatan menjadi lebih sering dan lebih mengkhawatirkan. Penyakit Alzheimer mempengaruhi hampir setengah dari orang Amerika pada usia 85 tahun.

Kabar baiknya adalah penelitian terbaru menunjukkan bahwa makanan dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer dan bahkan dapat membalikkan masalah memori jika mereka diketahui lebih dini.

Ketika para ilmuwan meneliti otak orang yang memiliki penyakit Alzheimer, mereka menemukan bahwa di antara sel-sel otak ada bintik-bintik kecil, yang disebut plak beta-amyloid. Di bawah mikroskop, mereka terlihat seperti bakso kecil atau bola benang. Para ilmuwan percaya bahwa plak ini secara bertahap menghancurkan sel-sel otak.

Mengapa itu terjadi? Para peneliti di Amerika Serikat dan Eropa telah menemukan bahwa jawabannya dapat ditemukan dalam kebiasaan makan kita. Beberapa makanan membuat penyakit Alzheimer lebih mungkin timbul, yang lain membantu mencegahnya.

 “Lemak Buruk”

Dalam kategori tidak begitu sehat adalah lemak jenuh – lemak dalam daging dan terutama dalam produk susu, seperti keju dan es krim. Peneliti dalam Proyek Kesehatan dan Penuaan Chicago menemukan bahwa orang yang makan “lemak jahat” dalam jumlah yang cukup besar memiliki lebih dari tiga kali lipat risiko penyakit Alzheimer, dibandingkan dengan orang yang cenderung untuk menghindari mereka. Dan di sini adalah bagian yang menakutkan: Jika Anda mengkonsumsi hanya dua telur dan seiris daging untuk sarapan, dada ayam tanpa kulit dengan segelas susu untuk makan siang, dan pizza keju kecil untuk makan malam, Anda akan mendapatkan cukup “lemak jahat” untuk berada dalam kelompok berisiko tinggi. Itu benar. Makanan sehari-hari yang banyak dimasukkan orang dalam rutinitas mereka menempatkan orang pada risiko. Lemak trans, yang ditemukan dalam donat dan makanan ringan lainnya, juga meningkatkan kemungkinan masalah memori di kemudian hari.

Besi, Tembaga dan Logam Lainnya

Logam – besi dan tembaga – yang dapat berasal dari makanan dan bahkan dari panci dan wajan kita bisa menjadi bagian dari masalah juga. Tentu saja, Anda membutuhkan zat besi untuk sel darah merah dan tembaga untuk fungsi enzim normal. Namun dalam jumlah yang lebih besar, logam ini menghasilkan radikal bebas yang merusak sel-sel otak.

Di mana logam ini berasal? Besi dalam daging dan, tentu saja, dalam panci besi. Stainless steel adalah pilihan yang lebih aman. Tembaga ditemukan dalam pipa tembaga – sehingga layak untuk memasang penyaring air – serta dalam hati dan makanan lainnya. Baik besi dan tembaga sering ditambahkan ke dalam multivitamin, jadi saya percaya adalah ide yang baik untuk membaca label pada vitamin yang Anda beli dan pilih yang tidak memasukkan logam ini.

Aluminium juga telah ditemukan dalam otak pasien Alzheimer. Para ilmuwan masih terus berdebat apakah itu adalah penyebabnya atau tidak, tetapi lebih baik berhati-hati. Hindari peralatan masak alumunium yang tidak dilapis dan baca label saat membeli baking powder, antasida, dan makanan olahan.

Makanan Pelindung

doctoroz.com

doctoroz.com

Tidak semua makanan buruk. Beberapa makanan benar-benar melindungi otak. Daftar berikut ini masukkanlah ke dalam asupan harian Anda:

Biji-bijian kaya akan vitamin E, yang telah terbukti membantu mencegah penyakit Alzheimer. Terutama sumber yang baik adalah almond, walnut, hazelnut, kacang pinus, kemiri, pistachio, biji bunga matahari, biji wijen, dan biji rami. Hanya satu ons – segelintir kecil – telah memberi Anda banyak vitamin E setiap hari.

Blueberry dan anggur mendapatkan warna gelapnya dari anthocyanin, antioksidan kuat yang terbukti meningkatkan belajar dan mengingat dalam studi di University of Cincinnati.

Ubi jalar adalah makanan pokok dari Okinawa, daerah yang memiliki penduduk dengan usia hidup terpanjang di Bumi yang juga dikenal menjaga kejernihan mental hingga usia tua. Ubi jalar sangat kaya akan beta-karoten, satu antioksidan yang kuat.

Sayuran berdaun hijau memberikan zat besi dalam bentuk yang lebih mudah diserap ketika tubuh membutuhkan lebih banyak dan kurang mudah diserap ketika Anda sudah memiliki banyak zat besi, yang berarti melindungi Anda dari kelebihan zat besi, yang dapat membahayakan otak. Sayuran hijau juga sarat dengan folat, sebuah vitamin B pelindung otak yang penting.

Kacang-kacangan  mengandung vitamin B6 dan folat, serta protein dan kalsium, dengan tidak ada lemak trans atau lemak jenuh.

Vitamin B12 sangat penting untuk kesehatan saraf dan sel-sel otak. Bersama-sama, folat, vitamin B6 dan vitamin B12 menghilangkan homosistein, yang dapat terbentuk dalam aliran darah – mirip seperti limbah pabrik – dan merusak otak.

Diet vegetarian dan terutama vegan sangat kuat. Sebuah penelitian di Loma Linda University menunjukkan bahwa vegetarian tidak hanya hidup lebih lama daripada pemakan daging, mereka tetap bebas dari masalah memori lebih lama pula.

Latih Otak Anda

Supaya lebih maksimal, berguna pula untuk “melatih” otak Anda. Berikut ini caranya:

Pompa Jantung Anda: Berjalan-jalan 40 menit tiga kali per minggu membawa oksigen ke otak Anda dan bahkan dapat membalikkan penyusutan otak yang berkaitan dengan usia menurut penelitian di University of Illinois.

Latihan Mental: Stimulasi otak – dari buku, koran atau olahraga pelatihan otak online – terbukti memperkuat otak.

Tidur. Ini penting untuk mempertahankan kemampuan mengingat. Paruh pertama dari malam hari penting untuk tidur gelombang-lambat, ketika otak Anda mengintegrasikan fakta dan kata-kata yang dipelajari sepanjang hari itu. Bagian kedua dari malam menekankan tidur REM, ketika emosi dan keterampilan fisik terintegrasi. Saran saya adalah tidurlah pada pukul 10:00 setiap malam, dan upayakan tidur delapan jam – atau sebanyak yang Anda bisa.

Melindungi Memori Anda

Sebagai kesimpulan, penting untuk menghindari “lemak jahat” yang ditemukan dalam daging, produk susu, makanan ringan dan kue-kue, dan dapatkan keuntungan dari nutrisi yang kuat dalam sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Vitamin B12 merupakan nutrisi penting yang perlu Anda masukkan. Dan jangan lupa untuk berolahraga dan memberikan otak Anda sedikit latihan mental setiap hari.

Jangan menunggu. Sama seperti kerutan dimulai di saat awal – uban, juga – perubahan dalam otak kita sudah berlangsung sebelum sebagian besar dari kita menyadarinya. Sekarang saatnya untuk mengambil keuntungan dari makanan kuat untuk otak.

Sumber:

http://www.doctoroz.com/videos/your-brain-protection-plan

Neal D. Barnard, M.D adalah Adjunct Associate Professor of Medicine at the George Washington University School of Medicine dan President of the Physicians Committee for Responsible Medicine in Washington, DC.