123rf.com

123rf.com

Alergi makanan terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap komponen dalam makanan, sering terhadap protein. Antibodi yang dirancang untuk melindungi kita dari penyakit bereaksi terhadap protein makanan penyebab alergi dan menyebabkan gejala seperti kembung, sakit kepala, gatal-gatal, atau diare. Dalam kasus yang lebih parah, alergi dapat mengganggu kemampuan Anda untuk bernapas dan bahkan mengancam nyawa. Diperkirakan 2 – 8 % anak-anak dan 2% orang dewasa memiliki satu atau lebih alergi makanan.

Intoleransi makanan adalah istilah yang lebih umum yang mengacu pada reaksi merugikan terhadap satu makanan, bahan makanan, atau zat aditif yang tidak selalu melibatkan sistem kekebalan tubuh. Intoleransi makanan biasanya melibatkan sistem pencernaan. Contohnya intoleransi terhadap laktosa gula susu, atau yang umum digunakan, terhadap agen penyedap monosodium glutamat (MSG), atau terhadap antihistamin ditemukan di keju lama, anggur, bir, dan daging olahan. Gejala intoleransi makanan kadang-kadang mirip dengan gejala yang ditemukan pada alergi makanan.1

Sementara banyak makanan dapat menyebabkan alergi makanan, penyebab umum alergi makanan terutama meliputi: 2, 3

• Susu
• Telur
• Gandum/terigu
• Kacang tanah
• Kacang dari pohon, misal kacang mede
• Kedelai
• Ikan dan kerang

Mencoba Diet Eliminasi

Jika dokter Anda mencurigai alergi makanan atau intoleransi, dia mungkin ingin Anda untuk mencoba diet eliminasi untuk mengidentifikasi makanan mana yang bertanggung jawab atas gejala Anda. Diet eliminasi melibatkan hal berikut:

1. Mulailah dengan diet yang hanya memasukkan makanan yang tidak menyebabkan alergi. Masukkan makanan yang paling kecil menimbulkan alergi berikut ini:

  • Beras merah, tapioka, millet
  • Buah dimasak atau kering (ceri, cranberry, pir, plum, persik, cranberry, aprikot, pepaya, plum, plum, ceri, kecuali alergi didokumentasikan untuk ini atau ada serbuk sari birch)
  • Sayuran hijau, kuning, dan oranye yang dimasak (artichoke, asparagus, brokoli, lobak, sawi, selada, bayam, kacang panjang, labu, ubi jalar, dan talas)
  • Lentil kering, dibilas dengan baik dan rebus
  • Air putih atau berkarbonasi
  • Bumbu (secukupnya untuk garam, sirup maple, ekstrak vanili)

2. Ketika gejala alergi makanan telah berhenti atau berkurang (biasanya dalam seminggu atau lebih), Anda akan diminta untuk menyimpan buku harian makanan dan tambahkan dalam makanan satu per satu dalam jumlah secukupnya setiap hari untuk mengamati yang menyebabkan kekambuhan gejala. Makanan yang tercantum di atas yang menyebabkan alergi makanan paling umum harus ditambahkan terakhir. Jangan kembalikan ke diet Anda setiap makanan yang Anda tahu menyebabkan alergi.

3. Jika ada makanan tambahan berkaitan  dengan gejala alergi atau intoleransi, makanan itu harus dihapus dari diet selama satu sampai dua minggu dan kemudian diperkenalkan kembali untuk melihat apakah terjadi reaksi yang sama. Jika tidak ada gejala yang dialami, makanan itu dapat dimasukkan dalam diet.

Beberapa orang dapat menghindari makanan yang memicu reaksi dengan cara ini, sementara yang lain harus benar-benar menghindari makanan yang memicu alergi dari diet mereka.

Lakukan percobaan secara hati-hati dengan diet Anda untuk melihat apa yang terbaik. Tentu saja, makanan seperti kerang, produk susu, daging olahan, atau telur yang berkontribusi terhadap banyak ragam masalah kesehatan paling baik dihilangkan sama sekali dalam diet Anda.

Langkah berguna

Anak-anak sering tidak lagi mengalami alergi yang dikembangkan pada masa bayi atau anak usia dini, tetapi beberapa alergi bertahan hingga dewasa. Bagi mereka dengan alergi makanan atau intoleransi, langkah-langkah berikut dapat membantu:

  • Sepenuhnya hindari makanan yang menyebabkan alergi. Hal ini terutama penting ketika alergi parah. Reaksi alergi yang paling serius termasuk koma dan kematian. Beberapa individu dengan intoleransi makanan (bukan alergi) gejalanya mereda dengan hanya membatasi jumlah makanan yang menyebabkan alergi.
  • Bangun diet Anda dengan Empat Kelompok Makanan Baru (biji-bijian utuh misal beras merah, polong-polongan misal kacang merah, buah-buahan, dan sayuran), sambil menghindari makanan yang diketahui menyebabkan reaksi yang tidak diinginkan oleh Anda. Empat Kelompok Makanan Baru mengandung nutrisi bermanfaat seperti vitamin C dan fitokimia yang dapat membantu tubuh Anda mengurangi dampak alergi dan intoleransi.
  • Hindari makanan olahan karena mereka mungkin mengandung bahan-bahan yang tersembunyi. Selain itu, makanan olahan mengandung minyak terhidrogenasi atau minyak yang telah secara kimia diubah sehingga mereka lebih seperti lemak jenuh. Lemak ini telah ditemukan merusak lapisan usus, membuat seseorang lebih rentan terhadap alergi dan intoleransi makanan.
  • Orang dengan alergi makanan yang mengancam jiwa harus membawa bentuk injeksi epinefrin (misalnya, EpiPen atau EpiPen Jr) setiap saat terpapar ke makanan.

References:
1. Melina V, Stepaniak J, Aronson D. Food allergy survival guide. Summertown TN: Healthy Living Publications, 2004.
2. Christie L. Food hypersensitivies. In: Samour, PQ, Kelm KK and Lang CE. Handbook of pediatric nutrition, 2nd ed. Gaithersburg: MD: Aspen Publishers; 1999:pp 149-72.
3. U.S. Food and Drug Administration. Food allergies rare but risky. Available from http://www.cfsan.fda.gov/~dms/wh-alrg1.html, Accessed September 1, 2005.

Sumber:

http://www.nutritionmd.org/nutrition_tips/nutrition_tips_managing_diseases/allergies.html

Situs web Nutrionmd.org dikelola oleh Physicians Committee for Responsible Medicine (PCRM). PCRM adalah organisasi nirlaba yang berbasis di Washington, DC., AS dan beranggotakan lebih dari 6.000 dokter yang tertarik dalam peran nutrisi pada kesehatan. Hubungi PCRM pada alamat berikut : Physicians Committee for Responsible Medicine, 5100 Wisconsin Ave., N.W., Ste.400, Washington DC, 20016, Phone: 202-686-2210     Email: pcrm@pcrm.org